Cara Mengatasi Virtex WA dengan Mudah dan Tips Terhindar dari Virtex

Cara Hapus Virtex WhatsApp
Cara Mengatasi Virtex WhatsApp dengan Mudah

Di antara kamu pasti sudah familiar dengan Virtex WhatsApp atau biasa disebut dengan Virtex WA. Salah satu virus sederhana berupa teks dan simbol aneh yang menumpuk dan panjang ini sempat heboh beberapa waktu yang lalu. Berbeda dengan jenis virus lainnya, virtex WA ini hanya akan membuat perangkat yang menerima virtex menjadi lag, hang, force close aplikasi, ponsel mati sendiri dan lain sebagainya. Banyak orang yang mengalami hal seperti ini ketika mereka menerima pesan WhatsApp yang berisikan virtex WA ini. Khususnya pada pengguna smartphone Android.

Jika kamu menerima pesan virtex WhtasApp semacam ini, sebaiknya atasi segera sebelum virtex WhatsApp tersebut menyerang ponsel kamu yang dapat menyebabkan kerusakan. Dalam artikel ini, saya akan bahas penjelasan lengkap mengenai virtex WA dan cara mengatasi virtex WhatsApp dengan mudah di semua perangkat Android dan iPhone. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Virtex WhatsApp?

virtex WhatsApp merupakan singkatan dari "virus text WhatsApp" yang di mana virus tersebut merupakan virus yang berisikan teks dan simbol aneh yang bertumpuk dan panjang. Walaupun virus yang sederhana, namun virtex WA atau virus teks ini bisa saja berdampak sangat buruk di beberapa perangkat Android yang memiliki keamanan perangkat yang sangat rendah sehingga sangat rentan terhadap virus.

Biasanya, virtex ini dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp sebagai pesan biasa. Sehingga ketika kita menerima dan membuka isi pesan virtex WA ini biasanya WhatsApp akan lag, error dan force close dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan korban sangat sulit untuk membuka kembali aplikasi WhatsApp dan menghapus chat yang berisi virtex WA tersebut.

Jenis-jenis Virtex

Penting bagi kamu untuk mengetahui jenis-jenis virtex WhatsApp ketika kamu menerima virus semacam ini di WhatsApp agar bahayanya tidak berdampak terlalu buruk bagi ponsel kamu. Virtex WhatsApp sendiri terdapat tiga jenis, yaitu virtex easy, virtex normal dan yang terakhir virtex ganas. Simak baik-baik penjelasan jenis-jenis virtex WA di bawah ini.

Virtex WA Easy

Jenis virtex WhatsApp yang pertama adalah virtex WhatsApp easy. Virtex jenis ini bisa dibilang sedikit berbahaya bagi sebagian perangkat. Virtex WA easy biasanya hanya akan menimbulkan efek lag atau freeze pada aplikasi WhatsApp. Dan biasanya masalah ini hanya sementara dan tidak akan lama. Meskipun begitu, virtex WA easy bisa saja menimbulkan efek dan masalah yang lebih besar jika perangkat yang digunakan memiliki keamanan yang rendah. Oleh karena itu, rutinlah untuk mengupdate OS pada perangkat guna meningkatkan keamanan pada perangkat.

Virtex WA Normal

Virtex WA normal atau sedang adalah jenis virtex WA yang paling sering digunakan dan dikirimkan melalui chat WhatsApp. Virtex jenis ini biasanya berisikan 60.000 lebih karakter dan simbol aneh yang dapat merusak aplikasi WhatsApp menjadi error, force close, freeze dan lain sebagainya. Dan virtex WA jenis ini cendrung sulit untuk dihapus melalui aplikasi secara langsung.

Virtex WA Ganas

Jenis virtex WA yang terakhir adalah virtex ganas. Virtex WA ganas ini jauh lebih berbahaya dan berisiko pada perangkat. Misalnya saja seperti ponsel mati sendiri, lemot, baterai menjadi boros dan tidak dapat membuka aplikasi WhatsApp. Bahkan di beberapa perangkat Android dapat menyebabkan kerusakan total.

Cara Mengatasi Virtex WA dengan Mudah

Jika smartphone kamu sudah terkena virtex WhatsApp, sebaiknya cepat atasi virtex WhatsApp tersebut agar risikonya tidak berkelanjutan yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi. Untuk mengatasi virtex di WhatsApp dengan mudah, kamu bisa ikuti beberapa tips dan cara sederhana di bawah ini.

Hapus Chat WhatsApp Berisi Virtex

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi virtex di WhatsApp adalah dengan menghapus chat WhastApp dari pengirim yang berisi virtex. Biasanya, virus virtex akan berkerja jika pesan (virtex) tersebut dibuka. Jadi pastikan untuk menghapus chat WhatsApp yang berisi virtex tanpa membuka isi chat. Kamu bisa hapus chat tersebut melalui info kontak teman kamu yang mengirim chat tersebut kemudian "hapus semua pesan". Dengan begitu, semua isi chat akan dihapus termasuk chat yang berisi virtex WhatsApp tersebut.

Cara di atas bisa kamu lakukan jika kamu belum membuka virtex WA tersebut. Namun jika sudah terlanjur membuka isi chat virtex WA, pasti kamu akan sulit membuka WhatsApp karena sudah terkena virus virtex WA tersebut. Untuk mengatasi virtex WA yang sudah dibuka, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama pastikan kamu sudah keluar dan menutup aplikasi WhatsApp.
  2. Setelah itu aktifkan mode pesawat di ponsel kamu.
  3. Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp.
  4. Cari isi chat yang berisi virtex WhatsApp kemudian hapus chat virtex tersebut.
  5. Setelah dihapus, keluar dan tutup aplikasi WhatsApp.
  6. Kemudian matikan mode pesawat lalu buka kembali aplikasi WhatsApp.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, dipastikan kamu berhasil menghapus virtex WhatsApp tersebut. Hal ini karena kita telah memutuskan jaringan dengan mengaktifkan mode pesawat sehingga virtex WA tidak akan bekerja ketika ponsel tidak terhubung ke jaringan internet.

Hapus Semua Data Aplikasi WhatsApp

Jika cara pertama tidak berhasil, kamu bisa coba cara yang kedua ini. Yaitu dengan menghapus seluruh data aplikasi WhatsApp. Dengan menghapus data aplikasi WhatsApp, maka semua data-data yang tersimpan dalam aplikasi WhatsApp akan dihapus dan hilang. Hal ini sama seperti kita pertama kali mengunduh aplikasi WhatsApp. Namun perlu diingat, jika kamu menghapus virtex WA dengan cara ini, maka seluruh chat WhatsApp yang pernah terkirim sebelumnya akan terhapus juga, termasuk semua media seperti foto, video dan dokumen.

Jika kamu menggunakan cara yang kedua ini, kamu harus mengulang kembali semuanya dari awal. Seperti login ke akun WhatsApp kamu menggunakan kode OTP dan lain sebagainya. Dan perlu diingat, ketika kamu login kembeli, pastikan untuk tidak "memulihkan chat" atau "mencadangkan chat" sebelumnya karena jika ini dilakukan, maka semua riwayat chat sebelumnya akan kembali lagi, termasuk chat yang berisi virtex WhatsApp.

Untuk cara mengatasi virtex WA dengan menghapus data aplikasi WhatsApp, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama masuk ke menu Info apl. Bisa melalui pengaturan atau dengan cara mengklik dan tahan ikon aplikasi WhatsApp. Setelah itu akan muncul pop-up seperti gambar di bawah ini. Pilih menu Info apl.
    Cara Mengatasi Virtex WhatsApp
    Cara Mengatasi Virtex di WhatsApp
  2. Setelah masuk ke menu Info apl, klik ikon sampah yang bertuliskan Hapus data seperti gambar di bawah ini.
    Cara Mengatasi Virtex WhatsApp
    Cara Mengatasi Virtex di WhatsApp
  3. Setelah itu akan muncul pop-up yang berisi dua opsi penghapusan, yaitu Hapus semua data aplikasi dan Bersihkan cache aplikasi. Agar virtex WhatsApp hilang sepenuhnya, pilih yang Hapus semua data.
    Cara Mengatasi Virtex WhatsApp
    Cara Mengatasi Virtex di WhatsApp
  4. Sampai di tahap ini kamu sudah berhasil menghapus seluruh data aplikasi WhatsApp termasuk seluruh chat WhatsApp yang mengandung virtex tadi. Dengan begitu, virtex akan hilang dari perangkat.

Paksa Berhenti Aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi virtex WhatsApp yang ketiga adalah dengan memberhentikan aplikasi WhatsApp melalui pengaturan aplikasi. Kamu bisa menggunakan cara ini jika kamu sudah terlanjur membuka virtex WhatsApp dan hanya ingin menghapus chat berisi virtex WhatsApp-nya saja tanpa menghapus data aplikasi WhatsApp. Dengan memaksa aplikasi WhatsApp untuk berhenti, maka kita dapat membuka aplikasi WhatsApp kembali. Setelah itu kamu bisa hapus chat WhatsApp yang berisi virtex. Jika diperlukan, kamu bisa blokir kontak yang mengirim virtex tersebut agar kedepannya tidak terulang lagi.

Tips Menghindari Agar Tidak Terkna Virtex WhatsApp

Walaupun chat WhatsApp berisi virtex sudah dihapus dari aplikasi WhatsApp, kemungkinan mendapat chat virtex WhatsApp bisa saja terjadi lagi. Oleh karena itu, untuk menghindari hal demikian agar tidak terkena virtex WhatsApp lagi, kamu bisa ikuti beberapa tips sederhana di bawah ini.

Update WhatsApp Secara Rutin

Terjadinya error pada aplikasi WhatsApp karena virtex disebabkan adanya celah keamanan pada aplikasi WhatsApp. Sehingga dapat menyebabkan malfungsi atau error pada aplikasi WhatsApp. Dengan memperbarui aplikasi WhatsApp secara rutin, maka keamanan pada aplikasi WhatsApp akan ditingkatkan sehingga tidak rentan dan tidak mudah terkena virus seperti virtex ini. Pastikan kamu menginstal pembaruan WhatsApp secara resmi melalui Play Store atau App Store guna menghindari risiko yang disebabkan malware lainnya yang tertanam dalam aplikasi.

Jangan Sembarangan Membuka Chat dari Kontak Tidak Dikenal

Salah satu kasus yang sering terjadi mengenai virtex WhatsApp adalah dikarenakan membuka chat dari kontak yang tidak dikenal. Jangan pernah membuka chat WhatsApp dari orang atau kontak yang tidak kamu kenal. Terlebih lagi jika orang tersebut mengirimkan sebuah tautan atau kode-kode aneh. Bisa jadi itu adalah chat yang bertujuan untuk memancing korban.

Instal Aplikasi Keamanan Pihak Ketiga

Cara terakhir agar terhindar dari virtex WhatsApp adalah dengan menginstal aplikasi keamanan pihak ketiga yang mampu melacak berbagai macam jenis virus dari semua aplikasi yang terinstal dalam perangkat. Kamu bisa temukan aplikasi keamanan anti virus melalui Play Store atau App Store. Dengan menginstal aplikasi anti virus, maka kamu dapat memantau dan melacak semua aplikasi agar terhindar dari virus yang dapat berdampak buruk pada perangkat.

Pakai WhatsApp Immune Anti Virtex dan Slayer

Satu-satunya cara paling ampuh agar tidak terkena virtex WhatsApp adalah dengan menggunakan WhatsApp Immune. Bagi yang belum tahu apa itu WhatsApp Immune, WhatsApp Immune adalah aplikasi WhatsApp yang dibuat oleh pihak ketiga yang memiliki fitur untuk melindungi perangkat dari berbagai macam virus berbahaya seperti virtex, slayer, virkon dan lain sebagainya.

Itu sebabnya WhatsApp Immune dikenal sebagai WhatsApp Anti Virtex karena memiliki sistem keamanan yang sudah ditingkatkan sehingga mampu mendeteksi serangan virtex, slayer dan virus lainnya dan mencegahnya. Walaupun WhatsApp Immune termasuk WhatsApp MOD yang dikembangkan oleh pihak ketiga WhatsApp resmi, namun WhatsApp Immune ini diklaim bebas dari virus dan aman untuk digunakan. Jika kamu ingin mengunduh WhatsApp Immune MOD versi terbaru, kamu bisa download WhatsApp Immune anti virtex dan slayer 2023 melalui tautan yang sudah saya sediakan di bawah ini.

WhatsApp Immune Anti VirtexUnclone Version
WhatsApp Immune Anti KadalursaUpdated 2023

Penutup

Virtex WhatsApp bisa saja menjadi ancaman dan sangat berbahaya bagi pengguna WhatsApp jika tidak langsung diatasi. Dengan mengikuti cara mengatasi virtext WhatsApp dan cara menghindarinya, kamu bisa menjaga keamanan smartphone kamu dari serangan virus-virus berbahaya seperti virtex WhatsApp ini.

Jika masalah virtex WhatsApp ini terus berlanjut walaupun sudah mengikuti cara-cara di atas, sebaiknya hapus seluruh data dalam ponsel dengan melalukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik untuk memastikan bahwa virtex WhatsApp benar-benar sudah hilang dari ponsel.

Artikel Terkait

0 Komentar